readbud - get paid to read and rate articles

Kamis, 13 Januari 2011

MENEJEMEN MUTU

Posted by CONTRAKTOR 19.51, under | No comments


BAB I KEBIJAKAN MUTU

PT. PEMBANGUNAN ZIYAD adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konstruksi, berdiri sejak tahun 2003 dan telah memiliki banyak kerja pengalaman dalam menyelesaikan pekerjaan infrastruktur khususnya bidang bidang Jalan, Jembatan, pengairan seperti bendung/saluran/ drainase/ bangunan air lainnya.
Pada Prinsipnya mutu adalah yang kami utamakan, sehingga pelaksanaan dilapangan senantiasa kami tugaskan staf yang berpengalaman, penggunaan peralatan yang cukup serta bahan dan cash flow yang lancar

BAB II SISTEM MUTU
1. Organisasi
a. Struktur Organisasi PT. PEMBANGUNAN ZIYAD
b. Uraian tugas dan tanggung jawab
a. Direktur
- Melaksanakan Semua Ketentuan yang tercantum dalam surat perjanjian pemborongan pekerjaan
b. Project Manager
- Bertanggungjawab penuh pada seluruh pekerjaan dan melaksanakan ketentuan yang tercantum dalam surat perjanjian Pemborongan Pekerjaan.
c. Site Manager
- Bersama sama dengan Project Meneger mengawadi dan menggontrol jalannya pekerjaan yang dilakukan
d. Site Engineer
- Menyiapkan program pelaksanaan Pekerjaan
- Bersama Pengawas mengadakan koordinasi dengan dinas terkait
- Melaksanakan pengecekan terhadap pelaksanaan pengukuran
- Mengadakan pengukuran dan perhitungan MC 05 dan 100% Bersama Direksi
- Mengendalikan tercapainya target kualitas dan kuantitas per 15 ( lima belas) harian serta menevaluasi hasil pekerjaan per 15 ( lima belas) harian guna mencapai tertib administrasi lapangan dan mekanisme pelaporan
- Mengecek kembali terhadap usulan tertulis yang dibuat pelaksana seperti tercantum dalam form check list sesuai wewenang permintaan ijin
- Melaporkan kepada Direksi apabila terdapat perbedaan antara gambar dan situasi lapangan
- Mengkoordinir as built drawing
- Membuat dan menyampaikan laporan tentang masalah-masalah yang menyangkut pihak ketiga yang menyebabkan terganggunya penyelesaikan proyek sehingga bisa menyebabkan rasa kurang simpatinya masyarakat dengan adanya pelaksanaan pekerjaan

e. Pelaksana
- Bersama Direksi lapangan Mempersiapkan keperluan sarana administrasi lapangan
- Bersama Kepala Proyek dan asisten Pelaksana mempelajari gambar kerja, rencana kerja dan syarat-ayarat teknis yang dilanjutkan dengan orientasi lapangan
- Bersama Direksi Lapangan memantapkan rancangan dan rencana kerja yang telah dibuat oleh kepala proyek yang disetujui oleh direksi
- Membuat titik tetap dan as bangunan/saluran
- Menyelenggarakan pengukuran
- Bersama direksi lapangan melaksanakan perhitungan volume
- Memnberikan petunjuk pengarahan dan pertimbangan pada Mandor
- Mencatat setiap langkah kerja sejak awal
- Bersama direksi lapangan membuat laporan hasil kenajuan pekerjaan dn konsidi pelaksanaan setiap 15 harian
- Memeriksa kesiapan pelaksanaan untuk memulai pekerjaan
- Memberikan masukan kepada direksi yang berguna untuk meningkatkan kesempurnaan hasil pekerjaan
- Melaksanakan pengambilan foto-foto
- Menyelenggarakan pertemuan harian dengan mandor
- Mengadakan pemeriksaan kuantitas dan kualitas pekerjaan
- Melakukan tugas-tugas lain atas perintah Pimpinan

f. Quantity Engineer
- Menerima dan Mencatat serta mengecek Keluar masuknya bahan material dalam proyek
- Melaksanakan Pekerjaan Yang diperintahkan atasannya
- Menyiapkan bahan untuk keperluan di lapangan dan administrasi atas permintaan Kepala Proyek

g. Administrasi
- Melaksanakan Pekerjaan Administrasi dan Keuangan Proyek
- Melakukan tugas-tugas lain atas perintah perintah pimpinan

h. Surveyor
- Mengajukan ijin pengukuran kepada direksi
- Mengecek ketelitian alat yang akan digunakan bersama pemberi kerja dan meminta petunjuk mengenai letak patok elevasi
- Melakukan pengukuran elevasi dari patok satu ke patok elevasi lainnya
- Melakukan perhitungan hasil pengukuran

i. Qualyty control
- Melaksanakan control atas pekerjaan dilapangan secara berkala
- Melaksanakan audit atas hasil pelaksanaan pekerjaan
- Melakukan inspeksi, test dan check atas pekerjaan
- Membuat laporan hasil audit ke Pimpinan dan Tim Jaminan Mutu.

2. Tanggung Jawab manajemen
Direktur PT PEMBANGUNAN ZIYAD selaku Pimpinan Perusahaan bertanggungjawab terhadap mekanisme pelaksanan pekerjaan sehingga menghasilkan konstruksi yang sesuai dengan rencana

3. Tinjauan manajemen
Sebagai perusahaan yang ingin maju senantiasa menerapkan prinsip-prinsip system jaminan mutu

a. Menyusun program kerja perusahaan
b. Menyusun rencana mutu kontrak
1. Kriteria Penerima
2. Bagan alir ( akan Dibuat Diawal Pelaksanaan )
3. Lembar Kerja Rencana Mutu ( quality Plan )
4. Daftar Simak
5. Jadwal Inspeksi dan Tes
c. Melakukan kaji ulang manajemen
4. Pengendalian Dokumen

a. Administrasi : Menyiapkan dan melaksanakan administrasi proyek dari awal tender hingga akhir pelaksanaan pekerjaan
b. Keuangan : Membuat laporan pemasukan dan pengeluaran keuangan upah tenaga kerja dan bahan material dan bertanggungjawab penuh pada Direktur perusahaan
c. Kontrak : Kontrak adalah Surat Perjanjian Tertulis antara Pengguna Jasa Dan Penyedia Jasa
5. Pengujian bahan
Dengan berpedoman terhadap bahan yang akan digunakan serta prosedur yang harus dipenuhi maka hasilnya akan bagus, untuk itu cara pengendalian produk perusahaan PT. PEMBANGUNAN ZIYAD berpedoman terhadap penggunaan bahan yang memenuhi kualitas serta spectek yang ditetapkan dan terhadap bahan yang memerlukan pengujian yang harus dilakukan.

6. Identifikasi dan penelusuran produk
Setiap produk yang akan dihasilkan seslalu harus di identifikasi ( berapa, bagaimana, Dimana oleh siapa dan kapan dibuat/jadi, memenuhi/tidak dan lain-lain)

7. Pengendalian Proses
Untuk Setiap jenis pekerjaan harus selalu kami ketahui proses pengerjaannya, dimulai dari penyiapan bahan sampai dengan selesai, jadi senantiasa melalui pengendalian bertahap.

8. Inspeksi dan test
Perusahaan Kami menerapkan Inspeksi Dan Test Terhadap masing-masing kontrak, sesuai dengan jadwal yang kami buat dalam RMK serta Quality Plan :

a. Berapa Kali
b. Dengan alat Apa
c. Metodenya dengan apa
d. Buktinya/ hasilnya apa
e. Siapa yang bertanggung jawab
9. Status Inspeksi dan Test

Inspeksi yang kami laksanakan selalu sesuai dengan prosedur yang kami rencanakan dan status dari hasil inspeksi tersebut menjadi acuan atau bahan evaluasi untuk proses pelaksanaan berikutnya.

10. Produk Tidak Sesuai
Untuk setiap hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan gambar/spesifikasi teknis kami bongkar atau kami perbaiki bila memungkinkan dan menurut petunjuk pengawas daerah/Direksi Pekerjaan

11. Pengujian Peralatan
Alat yang akan kami gunakan sebelumnya harus diadakan ujimkelayakan oleh petugas perusahan/ di luar dan khusus untuk alat ukur/takar harus diadakan kalibrasi apabila telah habis masa lakunya.

12. Tindakan Turun Tangan
Apabila terjadi/terdapat kejadian yang mengakibatkan kegagalan konstruksi atau kelalaian yang dilakukan oleh pegawai perusahaan, maka pimpinan akan melakukan tindak turun tangan dengan sanksi yang tegas sesuai aturan perusahaan

13. Pengelolaan dan penyimpanan
System pengadaan tenaga kerja diperusahaan kami adalah harian lepas ( mandor dan pekerja ) sedangkan untuk pengelolaan peralatan dan penyimpanan bahan yang tidak digunakan kami tempatkan di gudang milik perushaan

14. Personil
Untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pegawai / karyawan PT. PEMBANGUNAN ZIYAD kami upayakan keikutsertaan dalam pelatihan-pelatihan.

BAB III PENUTUP
Manajemen mutu ini merupakan langkah maju dari perusahaan kami dan akan kami jadikan alat Bantu dalam memenuhi tuntutan pelanggan agar produk kami senantiasa memuaskan. Tidak hanya itu, pada era globalisasi ini perusahaan dituntut untuk bekerja secara professional, memiliki tenaga terampil serta peralatan yang memadai dan manajemen yang baik
Demikian kami ucapakan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada perusahaan kami PT. PEMBANGUNAN ZIYAD.

KEBIJAKAN KESELAMATAN KERJA

Posted by CONTRAKTOR 19.40, under | No comments


Kewargaan korporat adalah bagian utama dari perencanaan bisnis kami. Tanggung jawab utama kami adalah untuk turut serta usaha memenuhi kebutuhan pembangunan daerah dengan mengutamakan unsur nilai ekonomi, kondisi lingkungan, serta kondisi sosial. Namun lebih dari itu, kami juga memiliki komitmen untuk bekerja dengan standar etik yang tinggi serta tetap menjunjung tinggi budaya lokal dan nasional serta turut ambil bagian dalam membantu pengembangan kapasitas lokal. Semuanya itu berjalan seiring dengan komitmen untuk senantiasa menjalankan kegiatan operasi yang aman bagi masyarakat dan lingkungan.
Nilai-nilai tersebut menjadi semangat utama dalam kehidupan perusahaan. Nilai-nilai bukan hanya kami ucapkan, namun kami lakukan. Kami memahami bahwa kami dinilai bukan dari apa yang kami katakan, namun dari apa yang kami lakukan. Maka dari itu, kualitas yang tinggi dari manajemen dan karyawan PT. PEMBANGUNAN ZIYAD adalah kekuatan utama dari perusahaan ini.
Merupakan kebijakan PT. PEMBANGUNAN ZIYAD untuk:
• Merancang dan memelihara fasilitas operasi, menetapkan sistim manajemen, mengadakan pelatihan dan melakukan kegiatan operasional menurut cara-cara yang aman bagi manusia dan fasilitas;
• Menanggapi secara cepat, efektif, dan memberikan bantuan darurat saat terjadi kecelakaan yang timbul dari kegiatan operasional, bekerjasama dengan organisasi industri dan lembaga pemerintah yang berwenang;
• Mentaati semua peraturan dan perundangan yang berlaku, dan menerapkan standar-standar yang bertanggungjawab dan memadai saat tidak ada peraturan atau undang-undang yang mengaturnya;
• Menjalin kerja sama dengan lembaga pemerintah dan pihak terkait lainnya dalam upaya mengembangkan undang-undang, peraturan serta standar berdasarkan pada pertimbangan pengetahuan serta resiko;
• Menjalankan dan mendukung riset untuk memperluas pengetahuan mengenai efek keselamatan dari suatu kegiatan operasional, serta segera menerapkan temuan-temuan yang didapat dan, bila dianggap perlu, memberitahukannya kepada karyawan, lembaga pemerintah serta pihak-pihak lain yang mungkin akan terkena dampaknya;
• Menekankan kepada seluruh karyawan, serta pihak-pihak lainnya yang bekerja mengenai tanggung jawab serta akuntabilitas mereka dalam menjaga kinerja saat bekerja serta mencontohkan perilaku yang aman saat tidak bekerja;
• Melakukan kaji ulang dan evaluasi yang dibutuhkan mengenai pelaksanaan kegiatan operasional untuk mengukur progres pekerjaan serta untuk mempromosikan ketaatan terhadap kebijakan ini.

PT. PEMBANGUNAN ZIYAD yakin dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman kami dapat memberikan kinerja yang baik termasuk di semua aspek lain di bisnis kami. Dengan bantuan teknologi baru, kami terus berupaya membuat kegiatan operasional kami lebih aman, sehat dan ramah lingkungan. Di PT. PEMBANGUNAN ZIYAD, kesempurnaan dalam masalah keselamatan, kesehatan dan perlindungan lingkungan merupakan unsur inti yang diutamakan.
Pengembangan Masyarakat
PT. PEMBANGUNAN ZIYAD memiliki komitmen pada kesejahteraan masyarakat yang tinggal disekitar daerah operasi serta dimana karyawan kami tinggal dan bekerja. Komitmen tersebut termasuk kontribusi korporat dan program kerja bakti sukarela karyawan yang dilaksanakan diseluruh dunia.
Dengan komitmen yang tinggi bagi masa depan Indonesia, PT. PEMBANGUNAN ZIYAD secara terus menerus berusaha untuk menjadi bagian yang bertanggung jawab bagi masyarakat dimana kami mengembangkan sumber daya alam yang penting.

Tags