readbud - get paid to read and rate articles

Selasa, 27 September 2011

PEDOMAN PENERAPAN BEHAVIOR BASED SAFETY

Posted by CONTRAKTOR 23.27, under | No comments


1. Principles of behavioral safety (Prinsip – Prinsip Keselamatan Perilaku)
Dalam mengerjakan seluruh proyek pekerjaan, maka keselamatan kerja sangan penting dalam malaksanakan pekerjaan. Ini berhubungan dengan perilaku dalam bekerja. Ketika dalam bekerja perlu memperhatikan keselamatan agar seluruh pekrjaan berjalan tanpa adanya korban. Dalam bekejan perlu mengunakan alat pengaman diri untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang fatal akibat kelalaian dalam bekerjan
2. Development of critical behavioral checklist (Pengembangan Ceklis Perilaku Kritis)
Pengembangan perilaku dalam bekerja sangat penting diterapkan dalam melaksanakan proyek pekerjaan guna keselamatan dalam bekerja, maka perlu dibuat ceklis pekerjaan sesuai dengan urutan sistem kerja untuk mencegah terjadinya kecelakaan dalam bekerja.
3. Communication skills (Keterampilan Dalam Berkomunikasi)
Komunikasi merupakan factor yang sangat memperngaruhi keberhasilan alam bekerja, pekerja dalam suatu proyek juga dituntuk mempunyai ketrampilan dalam menggunakan alat komunikasi untuk kelancaran suatu pekerjaan yang mempunyai jarak tertentu yang tidak dapat ditempuh dengan kendaraan. Dalam berkomunikasi dimaksutkan agar pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan prosedur dan gambar pekerjaan. Dan dengan berkomunikasi untuk menjalin kerjasama dengan pihak pengguna jasa.
4. Statistical analysis of observation data (satistik data pengamatan)
Dalam suatu proyek pekerjaan maka perlu dilakukan penghitungan data statistik dan pengamatan tentang prosentase pekerjaan yang telah ditentukan apakah sudah sesuai dengan jadwal yang telah disetujui dalam dokumen lelang.
5. Behavioral analysis (analisa Perilaku)
perilaku merupakan faktor utama pendukung produktivitas kerja, sehingga harus dikembangkan potensi dan perannya untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam bekerja sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan dalam proyek pekerjaan.
6. Observation methodology (Pengamatan Metodology)
Dalam suatu proyek pekerjaan pelu dilakukan pengamatan setiap item pekerjaan bersama sama dengan pihak direksi penguna jasa. Dan dilakukan pencatatan dan laporan hasil pekerjaan.
7. Coaching skills (Pelatihan Ketrampilan)
Setiap karyawan baru dalan suatu proyek pekerjaan maka perlu dilakukan pelatihan terlebih dahulu agar terhinda dari kecelakaan – kecelakan yang sedang maupun yang fatal. Bimbingan juga perlu dilakukan agar karyawan lebih berkompeten dalam melaksanakan pekerjaannya.



8. BBS process implementation models (Proses Pelaksanaan Model BBS)
Dalam suatu pelaksanaan pekerjaan proyek perlu dilakukan suatu gambaran tentang suatu pekerjaan yang akan dilakukan sehingga mempunyai arah dan tujuan yang jelas dalam suatu pekerjaan. Ini dimungkinkan agar tidak terjadi kecelakaan dalam suatu pekerjaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Tags